Wednesday, August 29, 2012

WNI di Sudan Rayakan Bersama HUT RI dan Idul Fitri

IP is over the quota
Penulis : Mustafa Abd. Rahman | Selasa, 21 Agustus 2012 | 09:13 WIB

ANTAKYA, KOMPAS.com - Warga negara Indonesia di Sudan tahun ini merayakan HUT RI ke-67 dan Idul Fitri secara bersamaan, karena waktunya sangat berdekatan.

Setelah menggelar shalat Idul Fitri di halaman Wisma Duta dan dilanjutkan dengan halal bihalal seluruh masyarakat Indonesia di Sudan pada hari Minggu (19/8/2012) lalu, KBRI Khartoum juga menggelar panggung gembira pada hari itu untuk rayakan HUT RI ke-67. Demikian keterangan pers KBRI Khartoum yang diterima wartawan Kompas, Musthafa Abd. Rahman, yang kini sedang berada di kota Antakya - Turki.

Acara panggung gembira dirancang dan disesuaikan suasana Idul Fitri, sehingga terasa meriah sekaligus menyejukkan. Tampilan shalawat, nasyid, puisi dan lagu-lagu islami dipadu dengan lagu-lagu nasional yang merupakan buah kreatifitas masyarakat Indonesia memberikan warna yang indah pada peringatan hari itu. Tidak ketinggalan, perlombaan yang digelar, seperti tarik tambang dan balap bakiak, menambah warna keceriaan bagi masyarakat Indonesia yang hadir.

"Saya senang, meski saya berada jauh dari kampung halaman", ujar Lutfi, salah satu masyarakat yang hadir.

"Lebaran tahun ini, kembali kita buat meriah, namun tetap menjaga kesucian Idul Fitri, seperti halnya tahun kemarin. Kita ingin membuat masyarakat Indonesia yang jauh merantau ke Sudan dapat merasakan suasana Indonesia sebagai pengobat kerinduan kepada kampung halaman," ujar Dubes RI untuk Sudan, Dr Sujatmiko.

Sebanyak 400 WNI nampak hadir memadati halaman wisma yang telah disiapkan untuk shalat Idul Fitri pagi itu.

WNI non muslim pun nampak turut hadir dan menikmati acara demi acara yang disuguhkan. "Saya sebenarnya agak kurang sehat, tapi saya sangat ingin hadir dan

 merasakan suasana kemeriahannya, jadi saya paksakan hadir", ungkap Esther yang bekerja di salah satu badan PBB di Khartoum.

Shalat Idul Fitri 1433 H / 2012 M merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan KBRI Khartoum untuk mengisi bulan Ramadhan 1433 H, yang telah dimulai sejak bulan Juli lalu, seperti Tarhib Ramadhan, Peringatan Nuzulul Qur'an, Buka Puasa dan Shalat Tarawih bersama. Kegiatan ini merupakan upaya untuk terus menjalin tali komunikasi dan silaturrahim seluruh warga Indonesia di Sudan yang saat ini mencapai 1.043 orang.

No comments:

Post a Comment